Pengaruh Penggunaan Live Streaming, Online Brand Trust Dan Promosi Dalam Social Commerce Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) hubungan antara variabel penggunaan live streaming, kepercayaan merek online, dan promosi terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan, serta (2) faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian dalam social commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel jenuh sebanyak 104 responden yang merupakan pengguna aktif social commerce di kota Makassar yang melakukan pembelian secara online. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner online yang telah diuji kualitasnya, kemudian diuji menggunakan asumsi klasik untuk memvalidasi model regresi linear berganda yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam social commerce, kepercayaan merek online tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, penggunaan live streaming dan promosi memiliki pengaruh signifikan dan positif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, bisnis dalam social commerce sebaiknya fokus pada optimalisasi penggunaan live streaming dan strategi promosi yang efektif.











