Inovasi Manajemen Perubahan Melalui Transformasi Digital di BPJS Kesehatan
Abstract
Transformasi digital telah menjadi pusat perhatian banyak organisasi, termasuk BPJS Kesehatan, dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Dalam konteks BPJS Kesehatan, inovasi manajemen perubahan melalui transformasi digital menjadi kunci dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada, terutama dalam menyediakan layanan kesehatan yang andal dan terjangkau bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi manajemen perubahan apa saja yang sudah dilakukan BPJS Kesehatan dalam melakukan transformasi digital. Melalui metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, diperoleh kesimpulan BPJS Kesehatan telah menerapkan strategi transformasi digital melalui pengembangan aplikasi Mobile JKN, Antrean Online, Pelayanan Administrasi Melalui WA (PANDAWA), dan Care Center 165. BPJS Kesehatan berhasil meningkatkan aksesibilitas layanan bagi peserta JKN, mempercepat proses administrasi, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan yang lebih efektif dan efisien.











