Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 101900 Lubuk Pakam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101900 Lubuk Pakam. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa adalah angket yang telah di uji validasi dan realibilitasnya. Kedua berdistribusi normal kerena Variabel keterampilan mengajar guru menunjukkan nilai 0,834 > 0,05 dan variabel motivasi belajar menunjukkan nilai 0,632 > 0,05. Dilakukan uji t pada taraf nyata (∝ =0,05) bahwa ≥ yaitu (0,606 > 0,374) dengan ini membuktikan bahwa diterima, sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 101900 Lubuk Pakam.











