Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 101900 Lubuk Pakam

  • Tianovida Siregar Universitas Negeri Medan
  • Risto Luri Pristiani Universitas Negeri Medan
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar  siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101900 Lubuk Pakam. Sampel dalam  penelitian ini  yaitu kelas V dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan  untuk mengetahui Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa adalah angket yang telah di uji  validasi dan realibilitasnya. Kedua berdistribusi normal kerena Variabel keterampilan mengajar guru menunjukkan nilai 0,834 > 0,05 dan variabel motivasi belajar menunjukkan nilai 0,632 > 0,05. Dilakukan uji t  pada taraf nyata (∝ =0,05) bahwa ≥ yaitu (0,606 > 0,374) dengan ini membuktikan bahwa  diterima, sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari keterampilan  mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 101900 Lubuk Pakam.

Published
2024-03-31
How to Cite
Tianovida Siregar, & Risto Luri Pristiani. (2024). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 101900 Lubuk Pakam. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 10(1), 170-175. https://doi.org/10.47663/jmbep.v10i1.371
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)