Analisis Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan ShopeePayLater
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan saat menggunakan ShopeePayLater. Hal ini didukung oleh pertumbuhan e-commerce secara global dimana sebagian besar masyarakat saat ini menggunakan e-commerce untuk membeli kebutuhan dan keinginan mereka. Kebutuhan akan metode pembayaran yang sesuai dengan gaya hidup dan preferensi konsumen menjadi semakin mendesak. Di tengah persaingan sengit di industri e-commerce, kemudahan penggunaan menjadi kunci utama dalam penerimaan dan keberhasilan ShopeePayLater. Mengingat populasinya tidak dapat diukur, maka penelitian ini dilakukan pada 45 responden pengguna Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form dan kemudian data survei dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 57,8% dari total 45 responden merasa puas dengan kemudahan penggunaan ShopeePayLater sedangkan sisanya sebesar 42,2% dari total 45 responden merasa tidak puas. Saran terhadap peneliti selanjutnya yaitu agar peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut terhadap kedalaman pemahaman dan pengetahuan responden dalam penggunaan ShopeePayLater untuk melihat dampak kepuasan pelanggan pada penggunaan ShopeePayLater.