Analisis Kepuasan Konsumen Berbelanja di Maju Bersama Cabang MMTC Terhadap Kelengkapan Produk Impor
Abstract
Pendahuluan. Pelaku usaha industri ritel sebagai penyedia produk kepada pengguna akhir dalam menghadapi persaingan usaha yang ketat harus mengutamakan kebutuhan pelanggan yang menjadi landasan terbentuknya kepuasan pelanggan. Dimana kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh kelengkapan produk yang dipasarkan oleh pihak ritel.
Metode penelitian. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah berbelanja di MB Cabang MMTC sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Perolehan data penelitian dilakukan dengan cara survei melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada pelanggan swalayan Maju Bersama MMTC.
Data analisis. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan hasil data disajikan dalam bentuk diagram yang dapat menginterpretasikan dan berhubungan erat dengan fenomena yang diteliti pada penelitian.
Hasil dan Pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data, 68% pelanggan di MB MMTC merasa produk impor sangat beragam dan bervariasi dan sebanyak 56% pelanggan merasa puas dengan ketersediaan produk impor di Maju Bersama MMTC.
Kesimpulan dan Saran. Kepuasan pelanggan ketika berbelanja di swalayan MB MMTC dipengaruhi oleh kelengkapan produk. Saran bagi pihak swalayan agar dapat lebih menambah variasi produk impor yang dipasarkan. Kemudian, saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat lebih mendalam lagi meniliti jenis produk impor apa yang paling dibutuhkan konsumen pada saat berbelanja di swalayan sejenis secara rinci.